Assalamu Alaikum Wr. Wb. Saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 H. Mohon Maaf Lahir Dan Batin. Amin. Assalamu Alaikum Wr. Wb. Saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 H. Mohon Maaf Lahir Dan Batin. Amin. Assalamu Alaikum Wr. Wb. Saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 H. Mohon Maaf Lahir Dan Batin. Amin.

12 Juli 2010

BEDAH LAPTOP ACER 4920

Impian yang sudah lama terpendam akhirnya terwujud juga setelah menunggu moment yang tepat, berawal dari tidak stabilnya klik kiri pada laptop saya yang selama ini jarang saya gunakan karena kebanyakan menggunakan mouse external. Masalah ini baru saya ketahu ketika tanpa sengaja saya lupa bawa mouse external, sesampai di tempat kerja saya melanjutkan pekerjaan di Excel saat ingin melebarkan kolom wah susahnya bukan main karena ternyata klik Kiri pada laptop saya bermasalah. Atas petunjuk yang ada saya membawa laptop ke Acer Center yang baru buka di Karebosi Link Makassar, yang juga secara kebetulan membuka layanan service gratis. Dari luar kaca saya melihat orang-orang yang sedang memeriksakan laptopnya, setelah dicek laptop tersebut dimasukkan ke sebuah ruang yang tidak bisa orang lain masuk kecuali teknisi atau staf. Dalam hati saya berkata wah tidak ada kesempatan nih intip isi atau jeroan laptop, padahal saya ingin sekali melihatnya dan sekaligus belajar cara membongkar sebuah laptop. Hal lain untuk mengabadikannya lewat cepretan kamera saku yang memang sengaja saya bawa, dan juga hitung-hitung untuk menambah postingan yang sifatnya eklusif di blog saya ini.

Akhirnya saya urungkan niat dan membawa laptop kembali ke rumah. Setelah beberapa hari saya bertemu dengan salah seorang teman yang memang juga banyak tahu dengan PC atau Laptop. Saya pun mencoba-coba tanya seluk beluk laptop padanya dan menyampaiakan permasalahan yang saya alami. Akhirnya dia menyarankan agar laptop tersebut dibongkar namun sebelum dibongkar, untuk meyakinkan beberapa kali saya ajukan pertanyaan apa memang anda sering buka-buka laptop? jawabnya yah dengan sangat meyakinkan dengan sedikit tips bahwa untuk pekerjaan yang satu ini kita harus extra hati-hati (jangan terlalu sering menggunakan OBENG, dan disarankan sering menggunakan kuku atau bekas kartu perdana GSM).

Kamera saku sudah siap merekam step by step mulai dari awal sampai akhir pembongkaran Laptop Acer 4920. Langkah pertama dimulai untuk membuka panel belakang yaitu tempat harddisk atau tempat memory. Perhatikan gambar panel dimaksud di bawah ini :

Dengan membuka panel tersebut akan tampak Harddisk, Memory dan Kipas laptop. seperti pada gambar di bawah ini. Untuk mebuka Harddisk silahkan buka dulu bautnya yang diberi lingkaran merah setelah itu untuk melepasnya dorong harddisk tersebut ke samping kiri.
Ini adalah gambar slot harddisk setelah harddisk dilepas.

Beginilah posisi harddisk setelah dilepas dari slotnya, harddisk menghadap ke atas. Catatan : Apabila harddisk ingin dipasang kembali jangan lupa pasang terlebih dahulu penutupnya, perhatikan gambar 2 dari atas.

Untuk membuka memory silahkan membuka pengaitnya dengan cara merenggangkan tuas yang ada di samping kiri dan kanan ke arah luar dengan hati-hati. Seperti pada gambar di bawah ini :

Setelah tuas tersebut direnggangkan maka secara otomatis memory tersebut terangkat. Apabila ada keinginan mengganti atau menambah memory silahkan cabut memory lama kemudian masukkan memory baru, dan harus diingat PCnya harus sama misalnya PC 5300 667 MHz untuk slot pertama maka slot yang kedua harus PC 5300 667 MHz juga. Pada saat pemasangan perhatikan PIN yang ada pada slot serta lekukan lobang yang ada pada memory harus lurus dan klop (lihat gambar yang diberi lingkaran merah. Catatan : Dalam memasang Memory lepas terlebih dahulu Bateraynya untuk menghindari terjadinya kerusakan). Setelah memory terpasang sesuai dengan PIN yang ada pada slot dengan lekukan lobang pada memory, maka langkah selanjutnya tinggal tekan ujung kiri dan kanan memory tersebut ke arah bawah sampai ada bunyi klik yang menandakan PIN pengait telah masuk. Perhatikan gambar di bawah ini :

Inilah jenis memory yang saya gunakan yaitu merek Corsair PC5300 667 MHz. Pada slot pertama saya gunakan Corsair 2GB sedang slot yang satunya saya gunakan Corsair 1GB, jadi totalnya 3GB. Sedikit catatan mengetahui Asli atau tidaknya memory tersebut silahkan klik di sini.
Langkah selanjutnya adalah membuka semua baut yang ada pada bagian belakang. Letakkan laptop di tempat yang lembut berupa kain tebal atau di pangku untuk mengjaga monitornya dari tekanan, silahkan buka baut satu per satu dari belakang. Setelah itu balik kembali laptop dan mulailah buka panel depan atas dengan menyisip menggunakan kartu perdana atau kuku untuk melepas PIN-PIN pengait. Perhatikan gambar berikut :

Gambar di bawah ini merupakan gambar panel depan atas tempat tombo Power yang sudah terlepas. Tampak dalam kotak warna merah ada sebuah slot, itu merupakan Slot Power tempat tombol Power untuk menyalakan laptop.
Catatan : Setelah PIN-PIN pengait terlepas pelan-pelan angkat karena ada serat kabel power dan kabel lainnya yang harus dilepas terlebih dahulu dari slotnya. Langkah selanjutnya adalah melepas LCD dengan terlebih dahulu melepas kabel-kabel yang berhubungan dengan LCD seperti pada gambar dan perhatikan yang diberi lingkaran merah dan juga kabel WIFInya. Untuk kabel WIFI letaknya ada dibelakang seperti pada gambar 2 dari atas, cungkil kabel tersebut menggunakan kuku (jangan sekali-kali menggunakan OBENG). Apabila semua kabel sudah terlepas selanjutnya tinggal buka baut samping kiri dan kanan yang diberi lingkaran merah, seperti pada gambar di bawah ini :

Ini adalah LCD yang sudah terlepas dan perhatikan kabel-kabel yang ikut pada LCD, diantaranya kabel WIFI sebelah kanan bawah LCD yang diberi kotak merah .

Setelah LCD terlepas selanjutnya membuka panel lain seperti pada gambar di bawah ini. Tapi sebelum itu untuk mempermudah langkah selanjutnya silahkan buka keyboard terlebih dahulu dengan menekan PIN-PIN untuk membuka pengaitnya yang diberi lingkaran merah. PIN-PIN dimaksud letaknya ada di atas tombol F1, F6, F10 dan Ins. Angkatlah keyboard mulai dari depan dengan hati-hati karena ada serat kabel keyboard yang menempel dibawahnya. Apabila keyboard sudah diangkat selanjutnya lepas serat kabel untuk Easy Lunch (Easy Lunch letaknya di samping kiri keyboard merupakan kumpulan tombol untuk mempermudah user, adapun tombol-tombol yang ada dalam group Easy Lunch adalah Wireless Indicator, Web Browser, Mail dan Bluetoth) dan Touchpad (Merupakan panel sentuh yang sensitif berfungsi sebagai penunjuk mengikuti gerakan jari apabila jari digerakkan pada permukaannya atau fungsinya sama dengan Mouse). Perhatikan gambar di bawah ini :Apabila di balik akan tampak seperti gambar di bawah ini :
Ini adalah gambar panel Touchpad dan tombol klik kiri, kanan serta scroll yang sengaja diperbesar.


Pada motherboard bagian pinggir bawah inilah letak mouse yang bermasalah, solusinya hanya dengan membersihkan debu menggunakan kuas dan Alhamdulillah sudah dapat difungsikan kembali.

Ini adalah jeroan secara keseluruhan dari Laptop Acer Aspire 4920 yang telah dibuka.


Setelah dilepaskan DVD - ROMnya maka akan tampak seperti di bawah ini :Inilah gambar DVD - ROM yang sudah ditarik keluar dari slotnya.Sementara gambar di bawah ini merupakan gambar di mana Bateray, Memory serta Harddisk yang sudah dicabut.

Ini adalah Bateray yang digunakan oleh Laptop Acer Aspire 4920.

Pada kesempatan ini juga saya melink sebuah alamat web yang membicarakan hal yang sama, maksud dan tujuannya tidak lain kecuali untuk menambah referensi saja untuk menambah ilmu khususnya soal bongkar membongkar Laptop. Klik alamat ini : http://www.laptopparts101.com/

5 komentar:

Rumah Komputer mengatakan...

terima kasih Pak. infonya sangat inspiratif

Imam Satrianta mengatakan...

pa tolong dong lebih lengkap..
misalnya keybard sama mousenya juga..
lumayan buat cari cari pengetahuan dan pelajarnan sekolah.. tq

MUHSININ mengatakan...

Terimakasih atas Pelajaran singkatnya...
Kebetulan tipe laptop Saya sama dan keluhan troublenya juga sama

tinggal Gbr. cara bersihkannya kok msh blm ada ya pak...?

Terima kasih

Unknown mengatakan...

jadi pengen nyoba tp takut ... soal nya ga pya skill apa apa..tar giliran masang baut/mur nya lebih satu he...he...he.....

Unknown mengatakan...

Pak ramnya boleh beda IC nggak? Karena saya ram bawaan merek Hynix satu lagi macron 2 GB gak kebaca. Laptop restart sendiri. Hynix 2Rx16 macron 2Rx8