Assalamu Alaikum Wr. Wb. Saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 H. Mohon Maaf Lahir Dan Batin. Amin. Assalamu Alaikum Wr. Wb. Saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 H. Mohon Maaf Lahir Dan Batin. Amin. Assalamu Alaikum Wr. Wb. Saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 H. Mohon Maaf Lahir Dan Batin. Amin.

21 Juni 2010

HILANGNYA PIN TO TASKBAR DAN PIN TO START MENU DI WINDOWS 7

Kebiasaan saya pada Windows Xp terbawa-bawa saat saya beralih ke Wiondows 7. Kebiasaan tersebut adalah menghilangkan tanda panah pada Shortcut yang ada di desktop, namun permasalahan yang muncul adalah hilangnya pula menu Pin to Taskbar dan Pin to Start Menu saat kita klik kanan sebuah Shortcut. Selain itu tidak berfungsinya sub menu Manage saat kita klik kanan Computer untuk masuk ke Computer Management. Perlu diketahui bahwa Pin pada Windows 7 fungsinya untuk menempelkan sebuah program yang sering kita gunakan ke Taskbar atau ke Start Menu, tujuannya untuk memudahkan pengguna ketika ingin membuka program tersebut kembali cukup dengan mengklik icon Shortcut Program di Taskbar. Gambar di bawah ini menggambarkan ketika tanda panah pada Shortcut hilang, Pin to Taskbar dan Pin to Start Menu hilang.


Ini adalah sejumlah Shortcut yang sudah di Pin ke Taskbar, maka jika salah satu dari program ini dibutuhkan kita tinggal klik saja iconnya dan sekiranya dari icon program tidak dibutuhkan lagi, silahkan lakukan klik kanan lalu klik Unpin this program from taskbar.


Karena kasak-kusuk mencari solusi untuk mengatasi hal tersebut tidak juga saya temukan, hingga suatu ketika saya menelusur di google dengan kata kunci Pin to Taskbar akhirnya ketemu juga di alamat : http://mydigitallife.info/2009//01/17/fix-unable-to-pin-app-to-taskbar-and-start-menu-missing-context-menu-and-jump-lists-error-in-windows-7/id/"

Dari penjelasan yang ada menuntut saya kembali membuka Regedit dan menelusur lnkfile dan piffile tempat IsShortcut tersebut dihapus di HKEY_CLASSES _ROOT\lnkfile, maksudnya untuk menulis kembali IsShortcut pada alamat tersebut.

Setelah ketemu kembali pasang IsShortcut dengan cara pada bagian kanan lakukan klik kanan lalu New>String Value dan beri nama IsSortcut, lakukan hal yang sama pada piffile setelah itu tutup registry dan Restart Komputer. Kalau berhasil maka tampak pada samping Shortcut sebuah tanda panah seperti pada gambar di bawah ini :

Silahkan coba klik kanan pada Shortcut tersebut untuk melihat apakah menu Pin to Taskbar dan Pin to Start Menu sudah muncul atau belum? Perhatikan gambar di bawah ini :

Selamat mencoba.

Tidak ada komentar: