Assalamu Alaikum Wr. Wb. Saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 H. Mohon Maaf Lahir Dan Batin. Amin. Assalamu Alaikum Wr. Wb. Saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 H. Mohon Maaf Lahir Dan Batin. Amin. Assalamu Alaikum Wr. Wb. Saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 H. Mohon Maaf Lahir Dan Batin. Amin.

5 Juni 2010

TRIK MENGINSTAL PRINTER HP 3740 / 3744 PADA WINDOWS 7

Dari cerita teman saya tentang beberapa kelebihan Windows 7 akhirnya membuat saya menggganti system operasi yang terpasang pada laptop saya yaitu dari Windows Xp Spk 2 ke Windows 7. Salah satu kelebihannya adalah mampu mendeteksi semua komponen yang ada pada PC atau Laptop, termasuk beberapa jenis printer tanpa menginstal driver lagi. Saat pertama menginstal Windows 7 saya tidak direpotkan lagi menginstal satu per satu komponen yang terpasang pada Laptop saya seperti : VGA, Sound, Modem dan sebagainya. Jadi bagi rekan-rekan yang mempunyai kesulitan dalam hal driver PC atau Laptop yang kebetulan hilang atau rusak, saya sarankan sebaiknya menggunakan system operasi yang satu ini karena secara otomatis mendeteksi semua komponen yang terpasang pada PC atau Laptop. Catatan khusus pada PC atau Laptop yang akhir-akhir ini keluar, kalau PC atau Laptop keluaran jaman dulu tidak didukung.

Saya sangat kagum ketika pertama kali saya menggunakan Windows 7 langsung mencetak sebuah dokumen dengan menggunakan printer Canon MP198. Kabel printer langsung saya colok ke USB dan secara otomatis langsung dikenali oleh system dan pencetakan pun berlangsung dengan lancar. Suatu ketika saya mencoba lagi mencetak sebuah dokumen tapi kali ini printer yang saya gunakan adalah printer merek HP. Deskjet 3744, namun apa yang terjadi sytem tidak mengenal jenis printer tersebut, saya mencoba menghubungi teman yang sudah lebih dulu mengenal system Windows 7 dia mengatakan kalau printer HP memang tidak dikenal.

Akhirnya saya coba menginstal driver printer Hp 3744 tersebut dan yang keluar adalah sebuah kotak dialog yang menyatakan system tidak mendukung. Seperti pada gambar di bawah ini :

melihat keadaan ini saya pun mencoba mencari referensi tentang trik menginstal printer HP. 3744 di internet, namun yang saya dapat adalah tentang printer HP. 3740. Dari keterangan tersebut saya coba terapkan pada printer HP. Deskjet 3744 dan Alhamdulillah berhasil. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Pada kotak Search programs and files ketik computer management lalu Enter. Kotak tersebut letaknya di atas tombol Start.

2. Apabila jendela computer management terbuka silahkan klik Device Manager. Pada kolom sebelah kanan cari tulisan Other devices lalu klik maka akan muncul jenis printer HP. Deskjet 3744, di sini lakukan klik kanan dan klik Update Driver Software.


3. Setelah itu muncul kotak dialog Update Driver Software lalu pilih opsi kedua yaitu Browse my computer for driver software.

4. Jendela berikutnya adalah untuk melakukan penelusuran driver dengan mengklik Browse. lalu cari di mana driver tersebut berada. Karena driver dalam bentuk CD maka pencarian diarahkan ke CD/DVD ROM lalu klik OK kemudian disusul dengan mengklik Next.

5. Pada jendela berikutnya yang muncul pilih bagian atas lalu klik Next.

6. Setelah mengklik Next maka proses instalasi sedang berlangsung tunggu hingga proses tersebut selesai.

7. Jika sudah selesai silahkan klik Close.

8. Selamat mencoba semoga sukses.

18 komentar:

She Bolang mengatakan...

makasih infonya yak. saya baru beralih dari win XP ke win 7, tau2 printer jadul saya ga support.
tapi berkat ini saya sudah bisa pake lagi. thx..

arema shop mengatakan...

pak,
sy sdah ikutin cara di atas...
tp kq pas ngeprint warna item yg muncul kq malah hijau???
apa bpk jg mengalami hal yg sama??

Unknown mengatakan...

ass.wr.wb
bapak yth.
sy coba ikuti langkah2 sesuai tulisan bpk, tp kebetulan sy lg pake OS WIndows 7 (Starter), shg tampilan setiap langkahnya tdk sama. Apakah emang win7 starter g bs proses install HP 3740 spt langkahnya bapak ? Mohon mungkin ada referensi laennya, yg bs sy terapkan.
Terima kasih

Wassalam.wr.wb

yuri mengatakan...

Asslm wr.wb
trima kasih sebelumnya untuk informasi ini... setelah sy mengikuti langkAH2 yg bapak jelaskan pada saat sy browse ke driver printer untuk update driver HP 3744 tidak bisa pak mohon penjelasannya...
win7 yg sy gunakan homebasic..syukran

Unknown mengatakan...

terimakasih sebelumnya atas trik penginstalan printer jadulnya pada w7.
saya sudah ikuti cara yang ada diatas,
tapi saat saya ngeprint eh kok tinta printer saya gak bisa alias kertas saya tetep polos(putih).
tolong solusinya bagaimana??
terimakasih.

Imam Prayogi mengatakan...

pak, saya sudah bisa menginstal driver. tp pada saat saya gunakan untuk nge.print dokumen tidak bisa hasilnya kertas kosong alias polos

Joe mengatakan...

Wuaduuhh....aku gak duwe driver'e 3744/3740, nek sampeyan duwe tulung kirim po'o nang joe.trisula@gmail.com, aku golek nang internet cek uuaanguuellllee....
Suwun yo rek....

danu mengatakan...

assalamu'alaikum wr. wb.
makasih atas referensinya...printer HP 3744 saya bisa dipake di windows 7 ..trimakasi banyak.

Lendi Kostaman mengatakan...

ini sih cuman solusi dalam penginstalan driver saja,tp bagaimana solusinya jika hasil print nya kosong polos alias tinta tidak mau keluar di kertas sama sekali?
mohon soulinya, terimakasih.

phika ♥ mengatakan...

terima kasih, akhirnya sukses bisa ngeprint lagi setelah sy ikuti langkah-langkah bapak..

antok mengatakan...

shoftware sdh bs masuk, tp untuk ngeprint nggak jalan....

evi ali murtadho mengatakan...

terima kasih atas infonya, tapi masih ada masalah yaitu setelah diprin kertasnya kosong alias tidak ada hasil cetaknya. mohon solusinya. terima kasih.
evi
mohon infonya
murtadho77@yahoo.co.id
ato 085723475220

MetSays mengatakan...

Keren banget infonya..walaupun aqu gak pake update2 segala udah bisa ngeprint broowwwwwwww
tinggal colok aja eh udah dikenali...
Salute buar Win 7.. i love win 7

adydas mengatakan...

Kalau tanpa CD gmn caranya mas bro ? karena lalu saya sempat ambil drivernya via internet ?

This is only a test... mengatakan...

bagus sekali infonya pak,,terima kasih banyak

Fisika82 mengatakan...

mas, di komputer saya koq "other device" nya tidak ada gimana ini ?

Pak Nga mengatakan...

Buat rekan rekan yg ada solusi jika ngeprin tp kertas polos ndak ada tulisan gimana ya? install driver 3744 dah sukses. Mohon solusi nya yak...

plutocom mengatakan...

Buat rekan rekan yg install driver 3744 di Win 7 dah sukses tapi jika ngeprint keluarnya kertas polos ndak ada tulisan begini carannya... " coba update drivernya dengan driver printer HP Deskjet D1300, Mudah2an akan bisa teratasi " OK.... !!!!