Assalamu Alaikum Wr. Wb. Saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 H. Mohon Maaf Lahir Dan Batin. Amin. Assalamu Alaikum Wr. Wb. Saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 H. Mohon Maaf Lahir Dan Batin. Amin. Assalamu Alaikum Wr. Wb. Saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 H. Mohon Maaf Lahir Dan Batin. Amin.

25 Juni 2010

TRIK INSTAL WINDOWS XP PADA LAPTOP ACER

Saat pertama kali instal Windows Xp pada Laptop baru Acer 4920 , banyak diantara teman yang bingung dan bahkan pusing karena setiap kali menginstal selalu dihadang oleh Layar Biru (Blue Screen), anggapan sementaraa yang muncul dibenaknya adalah CD Master yang bermasalah hingga beberapa CD Master Windows Xp dicoba hasilnya tetap sama, kecurigaan ditujukan ke memory karena munculnya blue screen. Sampai ada teman yang sempat menyimpulkan jangan-jangan laptop ini khusus dibuat untuk Windows Vista karena Acer saat itu masih paketan Windows Vista.

Cerita lain datangnya dari kemanakan saya yang kebetulan sekolah di SMK Telkom Sandhy Putra 2 Makassar, dia punya teman sekolah waktu SMP yang baru beberapa hari lalu beli laptop Acer 4740G dengan paketan operasi system Windows 7. Meminta tolong kepada kemanakan saya agar digantikan operasi systemnya dari Windows 7 ke Windows Xp, alasannya karena Windows 7 terlalu banyak menggunakan kapasitas Harddisk kurang lebih 100 GB wow besar juga. Keadaannya pun tetap sama Blue Screen, seperti pada gambar di bawah ini :

Memang laptop baru produksi sekarang ini tidak diperuntukkan lagi untuk operasi system Windows Xp tetapi untuk Windows 7, tapi jangan khawatir produsen laptop masih memberi peluang untuk menginstal system operasi Windows Xp dengan sedikit trik yang dilakukan yaitu pada Bios Setup dengan mengubah defaultnya dari AHCI Mode ke IDE Mode, karena laptop sekarang menggunakan Harddisk SATA. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Booting laptop Acer dan masukkan CD Master Windows Xp anda
2. Saat munncul Logo Acer langsung tekan F2 untuk masuk ke Bios Setup
3. Pilih menu Main
4. Setelah masuk ke menu Main pilih bagian paling bawah bertuliskan SATA Mode: lalu ENTER
5. Nah udah kelihatan tuh dua opsi yaitu IDE Mode dan AHCI Mode
6. Pilih IDE Mode lalu ENTER
7. Tekan F10 lalu ENTER

Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini :

Catatan : Urutan Booting pada Bios Setup harus sudah disetting ke CD/DVD sebagai urutan pertama.

Selanjutnya instalasi Windows Xp dapat dilihat di sini

Untuk laptop Acer 4740 dan 4740G memerlukan settingan drive Windows Xp tersendiri yang dapat didownload http://blog.anugrahpratama.com/driver-acer-4740-4740g-windows-xp/.

Selamat mencoba

1 komentar:

Unknown mengatakan...

saya juga mengalami halyang sama,,,,tapi saya sudah coba ganti kje mode IDE dan sukses instal tapi entah kenapa tiba2 saja stelah restart 2x(bis install driver) langsung tidak mau boot dan pesannya adaalh file "hal.dll" hilang ato rusak,,,tau deh penyebabnya apa,saya coba instal ulang lagi tetap saja blue screen muncul walau sudah di mode IDE,,,mohon solusinya doong??? itu kenapa ya???

oya,,laptopnya acer 4736 keluaran 2009...
makasih